Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Sri Mulyani Ungkap Kekhawatiran Terbesar Prabowo Soal Kondisi Dunia

Jum'at, 18/10/2024 | 22:01 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
□Oleh: Rosseno Aji Nugroho, CNBC Indonesia
■(dok. istimewa) Getty Images © 2024 GetarMerdeka.com
Jakarta, GetarMerdeka.com — Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan kekhawatiran Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengenai kondisi geopolitik dunia. Salah satunya adalah ketegangan antara Israel dengan negara lainnya di Timur Tengah dan juga perang Ukraina-Rusia.
"Di saat yang sama harus waspada dengan lingkungan global, beliau selalu sampaikan geopolitik, geostrategis, dan geoekonomi itu semua berhubungan," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), Jumat (18/10/2024).
Sri Mulyani mengatakan kekhawatiran Prabowo itu sebenarnya mirip dengan bacaan KSSK mengenai kondisi geopolitik dunia. Dia mengatakan KSSK juga mewaspadai ketidakpastian di dunia yang mungkin merambat terhadap kondisi ekonomi dalam negeri RI.
"Jadi ini sebetulnya sama bacaan dengan kami di KSSK. Bahwa dinamika yang terjadi di global, apakah itu murni keamanan atau politik seperti di Timur Tengah, di Ukraina, itu memberi pengaruh pada suasana ekonomi global dan bisa terjadi rambatan ke dalam negeri," kata dia.
KSSK Siap Siaga
"Ini ditekankan presiden terpilih dan kami KSSK akan terus waspada," ujarnya lagi.
Selain soal kondisi politik dunia, Sri Mulyani menekankan pesan presiden terpilih tentang kebijakan fiskal di tahun depan. Dia mengatakan disiplin fiskal harus tetap dilakukan.
"Sementara untuk fiskal tetap kita lakukan secara prudent dan suportif pada program nasional," tegas Sri Mulyani.
Sri Mulyani mengatakan KSSK akan terus berkoordinasi dan mensinkronisasi kebijakannya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Dia mengatakan pertumbuhan dan stabilitas merupakan dua sisi ekonomi yang harus terus diperhatikan.
"Stabilitas dan growth itu adalah kombinasi yang terus membutuhkan kalibrasi," ucapnya.
■Foto: (Kiri - Kanan) Ketua Dewan OJK, Mahendra Siregar, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dalam Konferensi Pers KSSK IV Tahun 2024 di Bank Indonesia, pada Jumat, (18/10/2024). (CNBC Indonesia/Rosseno Aji) (dce/desk*)
Sumber: CNBC Indonesia
[gmc/dce/ro1/adv]
SHARE

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis