Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Polda NTB Gelar Operasi Zebra 2024, Target Utama Turunkan Fatalitas Kecelakaan

Senin, 14/10/2024 | 15:02 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
Getty Images © 2024 GetarMerdeka.com
Mataram, GetarMerdeka.com — Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) selama dua pekan kedepan terhitung mulai hari ini, Senin (14/10) sampai dengan 27 Okober mendatang akan melaksanakan Operasi Zebra Rinjani tahun 2024.
Adapun tema yang diusung dalam pelaksanaan Operasi Kepolisian tahun ini yakni “Melalui Operasi Zebra – 2024 dalam rangka mendukung suksesnya pelantikan Presiden terpilih serta mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas demi terwujudnya Kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman.
Pelaksanaan Operasi Kepolisian yang digelar di seluruh wilayah Indonesia termasuk di 10 kabupaten/kota di Provinsi NTB ini dilaksanakan dengan tujuan utamanya untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berkendara di jalan raya.
“Operasi Zebra Rinjani ini menargetkan segala potensi gangguan lalu lintas yang menyebabkan kemacetan, pelanggaran, hingga kecelakaan,” ujar Karoops Polda NTB Kombes Pol. Abu Bakar S.I.K., saat menyampaikan amanat Kapolda NTB Irjen Pol. Hadi Gunawan saat memimpin apel gelar pasukan pagi tadi, Senin (14/10) bertempat di Lapangan Bharadaksa Polda NTB.
Dijelaskan, terkait fokus utama pelaksanaan kegiatan Kepolisian ini adalah selain mengamankan arus lalu lintas, juga menyasar sejumlah lokasi rawan dan tempat keramaian yang ada di beberapa titik lokasi di wilayah Provinsi NTB. 
Hal ini juga sebagai langkah Polri dalam memastikan keselamatan lalu lintas selama periode penting, termasuk pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Pemilu 2024.
Selain itu, kata dia, operasi ini juga sebagai upaya Polri dalam meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menciptakan kondisi lalu lintas yang aman, nyaman, dan selamat.
Operasi Kepolisian ini, lanjut Kombes Pol. Abu Bakar, akan dilakukan dengan pendekatan deteksi dini, pemetaan lokasi rawan kecelakaan, serta tindakan preventif melalui sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat.
“Melalui Operasi Zebra ini, kami ingin menekan jumlah kecelakaan, meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, serta menciptakan keamanan dan kenyamanan di jalan raya, baik di jalur tol, jalan arteri, maupun tempat wisata,” jelas Kombespol Abu Bakar.
“Pemasangan spanduk, banner, baliho, serta penyebaran leaflet dan stiker juga akan dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya keselamatan berlalu lintas,” jelasnya.
Selain itu, penegakan hukum lalu lintas secara elektronik akan dilaksanakan terhadap pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan.
Peneguran simpatik juga akan diterapkan untuk membangun kesadaran masyarakat agar lebih tertib.
Pelaksanaan Operasi Zebra Rinjani 2024, pihak Kepolisian berharap dapat menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) di seluruh wilayah Provinsi NTB.
“Kami juga akan melakukan edukasi dan sosialisasi secara intensif kepada masyarakat untuk terus meningkatkan kesadaran berlalu lintas. Penegakan hukum akan dilakukan secara elektronik untuk memantau pelanggaran lalu lintas.
Dengan pendekatan persuasif, edukatif, serta penegakan hukum yang tegas, kami jajaran Polda NTB berkomitmen untuk terus mengawal lalu lintas yang tertib dan aman bagi seluruh masyarakat,” pungkas Karoops Polda NTB Abu Bakar. (Man/Desk*)
Sumber : Tribratanews.id
[gmc/tri/ro1/adv]
SHARE

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis