Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Pilgub NTB 2024, Zul Sentil Iqbal 'Jadi Gubernur Beda dengan Dubes'

Kamis, 24/10/2024 | 08:51 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
□Oleh: Sui Suadnyana, Ahmad Viqi - detikBali
■Foto:Paslon Zulkieflimansyah-Muhammad Suhaili Fadhil Thohir (Zul-Uhel) menyampaikan visi-misi dalam debat perdana Pilgub NTB 2024. (Foto: Ahmad Viqi/detikBali) Getty Images © 2024 GetarMerdeka.com
Mataram, GetarMerdeka.com — Calon gubernur nomor urut 2 Zulkieflimansyah menyentil salah satu pesaingnya, Lalu Muhamad Iqbal, dalam sesi debat perdana Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTB 2024 di Lombok Raya Hotel, Mataram.
Menurut Zul, menjadi gubernur NTB sangat berbeda dengan menjadi duta besar (dubes) seperti yang telah dijabat oleh Iqbal.
"Saya sampaikan. Jadi Gubernur itu beda dengan jadi dubes. Meritokrasi itu penting, tetapi kadang-kadang (pejabat publik) yang dipilih oleh masyarakat menyediakan toleransi dan kelenturan," ujar Zul menanggapi jawaban Iqbal soal birokrasi di NTB.
Baca juga: Zul Akui Sulitnya Distribusi Nakes di Tempat Terpencil NTB
Zul mengatakan sistem di pemerintahan NTB tidak boleh terlalu saklek. Selain itu, Zul juga beranggapan jika sistem itu harus lentur.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
"Jangan tendang sistem terlalu keras, karena nanti sistem akan menendang balik lebih keras," ungkap Zul.
Sentilan Zul berawal ketika Iqbal mendapatkan undian pertanyaan mengenai merit system yang sudah dibuat panelis.
Pernyataan yang didapatkan Iqbal adalah bagaimana mewujudkan merit system di tengah pemerintahan NTB yang masih mengedepankan proses kedekatan dalam menempatkan orang di birokrasi.
ADVERTISEMENT
Iqbal merespons pertanyaan itu dengan senang. Sebab, ia 28 tahun menghabiskan waktu atau karier sebagai birokrat dan bisa menjadi eselon II, eselon I, bahkan duta besar (dubes) karena diuntungkan oleh merit system.
"Dan saya ini datang dari pulau yang jauh, bukan siapa-siapa, tidak punya ordal (orang dalam), masuk ke Kementerian Luar Negeri, alhamdulillah bisa jadi eselon I paling muda, eselon II juga paling muda alhamdulillah, dan bisa jadi dubes juga paling muda," ujar Iqbal.
Menurut Iqbal, hal tersebut bisa terjadi karena meritokrasi. Oleh karena itu, sebagai orang yang diuntungkan oleh merit system, Iqbal berjanji akan menghadirkan hal tersebut di birokrasi pemerintahan NTB.
"Kalau saya adalah orang yang diuntungkan oleh meritokrasi, maka tidak dilakukan lagi, saya ingin melihat seluruh birokrasi di pemerintah provinsi di NTB juga merasakan indahnya meritokrasi. Dan kita akan wujudkan komitmen itu, memastikan agar setiap orang termotivasi untuk maju, agar setiap orang termotivasi untuk melakukan yang terbaik di dalam memberikan pelayanan kepada publik," jelas Iqbal.
"Ini adalah komitmen Iqbal-Finda dan itu termaktub dengan jelas di dalam misi kami nomor tiga. Meritokrasi adalah salah satu esensi dalam upaya kami untuk memperbaiki birokrasi," imbuh mantan Dubes RI untuk Turki itu.
Pernyataan Iqbal itu kemudian ditanggapi oleh dua paslon lainnya, termasuk Siti Rohmi Djalillah. Seusai Rohmi menanggapi, barulah kesempatan diberikan kepada Zul. Zul kemudian menyentil Iqbal jika menjadi gubernur berbeda dengan menjadi dubes.
Masalah Tenaga Honor
Sementara itu, dalam pernyataan soal tenaga kerja honorer di NTB, Zul berpandangan menyelesaikan kesejahteraan tenaga honorer di NTB memang tidak mudah.
"Saya sepakat. Tidak mudah selesaikan tenaga honorer ini, tetapi alhamdulillah pemerintah pusat sudah ada perubahan status, ini bisa menyelesaikan ini lebih jauh," kata Zul.
Baca juga: Rohmi-Firin Bakal Perhatikan Kesejahteraan Guru di NTB
Dalam hal ini juga, Zul melanjutkan, semua yayasan di NTB juga bisa mencari sumber dana dengan mitra yang ada di sekitarnya untuk kesejahteraan pada tenaga honorer di NTB.
"Nanti para bupati harus kompak. Sehingga beban kita ini kita bawa bersama," tandas Zul.
Untuk diketahui, pasangan Zul-Uhel didukung tiga partai politik, yakni PKS, Partai NasDem, dan Partai Demokrat.
#Live Video: Janji Ketiga Paslon Pilgub NTB saat Menutup Debat Perdana (iws/gsp)
#pilkada 2024
#pilkada ntb
#pilgub ntb
#zul sentil iqbal
#pilgub ntb 2024
#zulkieflimansyah
#lalu muhamad iqbal
#gubernur ntb
#debat politik
#Ulasan Pilkada Serentak 2024
Ketahui kandidat Pemimpin Daerahmu Cari Tahu
Sumber: detikcom
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Iklan Advertorial Advertisement #follow Channel WhatsApp detikNews and Subcription Link YouTube GetarMerdeka.com TVGM Online Channel-8 WhatsApp +6281806227514 Akulah Indonesia Merdeka!!! Salam Kebangsaan @BungRonz
[gmc/dtc/ro1/adv]
SHARE

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis