Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Pemimpin Negara Apresiasi dan Terima Kasih ke Jokowi atas Kontribusi di ASEAN

Rabu, 09/10/2024 | 20:57 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
Laporan dari Vientiane□Oleh: Arief Ikhsanudin - detikNews
■Suasana Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN digelar di Vientiane, Laos (Foto: dok. Setwapres) Getty Images © 2024 GetarMerdeka.com
Jakarta, GetarMerdeka.com — Pemimpin negara ASEAN atau Asia Tenggara menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang segera menyelesaikan pemerintahannya. Para pemimpin ASEAN menilai Jokowi berkontribusi membuat ASEAN sebagai pusat pertumbuhan.
Hal itu disampaikan para pemimpin negara ASEAN dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang digelar di Vientiane, Laos, Rabu (9/10/2024). Jokowi berhalangan hadir dan diwakili Wakil Presiden Ma'ruf Amin.
Perdana Menteri (PM) Republik Demokratik Rakyat Laos Sonexay Siphandone, sekaligus Ketua ASEAN 2024, menyampaikan apresiasi kepada Presiden Jokowi di forum KTT. Dia menyebut Jokowi telah berkontribusi khususnya mempromosikan relevansi ASEAN dan membuat ASEAN sebagai pusat dari pertumbuhan.
"Atas nama pemimpin ASEAN, untuk sampaikan selamat, apresiasi kepada Presiden Jokowi atas kontribusinya terhadap ASEAN, khususnya mempromosikan relevansi ASEAN dan membuat ASEAN sebagai pusat dari pertumbuhan," kata Sonexay Siphandone, dalam forum KTT ASEAN, di National Convention Center, Vientiane, Rabu (9/10/2024).
Baca juga: #Wapres Sampaikan Salam dari Presiden Jokowi di KTT ASEAN Laos
Sonexay mendoakan Jokowi sehat dan bahagia. Sonexay meminta pimpinan negara ASEAN dan delegasinya memberikan tepuk tangan atas kontribusi Jokowi.
"Saya berdoa agar sehat dan bahagia, dan saya ingin mengundang pemimpin ASEAN untuk memberikan tepuk tangan untuk kontribusinya untuk komunitas ASEAN," ujarnya.
Para pemimpin negara ASEAN pun memberikan tepuk tangan untuk Presiden Jokowi, yang masa pemerintahannya berakhir pada 20 Oktober 2024.
Sebelumnya, Ma'ruf Amin menyampaikan salam dari Presiden Jokowi pada KTT ke-44 ASEAN. Menurut Ma'ruf Amin, Presiden Jokowi tak bisa hadir karena ada urusan kenegaraan jelang purnatugas.
"Pertama-tama, saya ingin menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo yang tidak dapat hadir di KTT ini karena berbagai urusan kenegaraan yang harus diselesaikan menjelang berakhirnya masa pemerintahan pada 20 Oktober," ucap Ma'ruf Amin dalam forum KTT ASEAN.
Menurut Ma'ruf Amin, KTT kali ini adalah KTT terakhir di pemerintahan Presiden Jokowi. Ma'ruf Amin menyampaikan terima kasih kepada negara anggota ASEAN atas dukungannya selama ini.
"Pemerintah baru akan menjalankan administrasi pada 20 Oktober nanti. Di kesempatan ini, saya ingin menyampaikan terima kasih banyak atas semua dukungan dan kerja sama yang diberikan oleh semua negara anggota ASEAN, terutama selama Keketuaan Indonesia tahun 2023," ujarnya.
Baca juga: #Makan Malam Bareng Jokowi, Prabowo: Tukar Pikiran Terkait Kepentingan Rakyat
#Simak: Jokowi: Peran RI dalam Politik Internasional Semakin Kokoh (aik/whn/desk*)
Sumber : detikcom
[gmc/dtc/ro1/adv]
SHARE

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis