Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

OJK Perkuat Pondasi Ekonomi Lokal Melalui Program EKI di Desa Bayan NTB

Selasa, 22/10/2024 | 14:22 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
Digital Nusantara
Oleh: Nathea Ctitra - detikBali
■Kepala OJK NTB Rudi Sulistyo. (Foto: Nathea Citra/detikBali) Getty Images © 2024 GetarMerdeka.com
Lombok Utara, GetarMerdeka.com — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meresmikan program Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI) di Desa Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Program ini diresmikan langsung Anggota Dewan Komisioner OJK Sophia Wattimena di momen puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) di Lombok Timur.
Kepala OJK NTB Rudi Sulistyo menuturkan program ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi usaha yang ada. Sekaligus juga memperkuat pondasi ekonomi lokal di Lombok Utara. Selain di Lombok Utara, program serupa juga telah diterapkan di desa yang ada di Lombok Tengah.
Sebelum program tersebut diresmikan, OJK NTB sudah melakukan rapat pleno bersama TPAKD Lombok Utara. Di dalam rapat tersebut membahas program unggulan di Lombok Utara, di antaranya kredit UMKM dengan tanggungan bunga pinjaman, KEJAR (Satu Rekening Satu Pelajar), dan EKI Desa Bayan.
"Program-program unggulan tersebut diharapkan dapat meningkatkan inklusi keuangan di daerah Lombok Utara," kata Rudi di Mataram, Senin (21/10/2024).
Bupati Lombok Utara Djohan Sjamsu mengapresiasi langkah yang diambil OJK tersebut. Pihaknya sangat mendukung penuh pencanangan Desa EKI di Lombok Utara.
ADVERTISEMENT
"Ini program yang bagus, karena menyentuh seluruh klaster," ujarnya.
Johan menilai kemitraan ini baik untuk perkembangan ekonomi di Lombok Utara. Sebab Industri Jasa Keuangan (IJK), mulai dari sektor perbankan, asuransi, serta pasar modal sudah siap membuka akses keuangan bagi masyarakat Desa Bayan.
"Fungsinya tentu untuk melayani masyarakat dalam transaksi keuangan masyarakat desa," jelasnya.
Terbukanya akses keuangan dari berbagai IJK ini dinilai bisa membantu masyarakat di Desa Bayan mendapatkan jaringan pembiayaan modal usaha. Melalui program KEJAR di sekolah dapat menumbuhkan budaya menabung sedari dini pada generasi muda Lombok Utara.
"Ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan warga Lombok Utara ke depannya. Program-program ini menambah semangat warga kami untuk melek terkait jasa keuangan yang berkualitas," tandas Djohan. (dpw/desk*)
Sumber: detikcom
[gmc/dtc/ro1/adv]
SHARE

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis