Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Keppres IKN Diteken Prabowo? Jokowi: Mestinya Gitu, Presiden Baru

"Jokowi menegaskan pemindahan ibu kota bukan hanya tentang pemindahan fisik, tapi juga pembangunan ekosistem. Semua fasilitas harus sudah siap ketika ibu kota dipindahkan."
Minggu, 06/10/2024 | 13:41 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
□Oleh: Eva Safitri - detikNews
■Foto: Jokowi (Vico/Biro Pers Sekretariat Presiden) Getty Images © 2024 GetarMerdeka.com
Jakarta, GetarMerdeka.com — Keputusan presiden (keppres) terkait pemindahan ibu kota ke Ibu Kota Nusantara (IKN) belum terbit sampai saat ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan keputusan pemindahan ibu kota itu kepada presiden baru, yaitu Prabowo Subianto.
"Ya mestinya gitu, presiden yang baru, Pak Prabowo," kata Jokowi di IKN, Minggu (6/10/2024).
Jokowi menegaskan pemindahan ibu kota bukan hanya tentang pemindahan fisik, tapi juga pembangunan ekosistem. Semua fasilitas harus sudah siap ketika ibu kota dipindahkan.
"Sekali lagi saya sampaikan, memindahkan ibu kota itu tidak hanya urusan fisiknya saja. tapi membangun ekosistemnya itu yang perlu. Dan ekosistem itu harus jadi, sehingga kalau yang namanya kita pindah itu rumah sakit siap karena itu dibutuhkan, pendidikan untuk anak-anak kita juga siap, sekolahan artinya juga dibutuhkan, dari TK, SD, SMP, SMA, SMK, sampai universitas," kata Jokowi.
#Baca juga: Jokowi Buka Nusantara TNI Fun Run 2024 di IKN
Selain itu, kata Jokowi, keramaian di IKN harus terus dihidupkan. Dia mengatakan segala kebutuhan masyarakat yang tinggal di IKN harus siap terlebih dahulu sebelum ibu kota resmi dipindah.
"Kemudian keramaian, restoran juga warung-warung yang juga itu diperlukan. Kemudian juga masalah yang berkaitan dengan logistik di mana kita mencari sesuatu barang, di mana kita mencari sesuatu ingin beli barang, semuanya itu harus siap," ujar Jokowi.
"Kalau sekarang apartemennya siap tapi kantornya belum, terus mau apa?" sambung Jokowi.
#Simak Video 'Jokowi Sebut Transisi Pemerintahan Baik, Tak Ada Masalah': (knv/gbr/desk*)
Sumber : detikcom
[gmc/dtc/ro1/adv]
SHARE

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis