Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Hartono Bersaudara Jadi Duo Paling Kaya di RI, Ini Gurita Bisnisnya

Kamis, 17/10/2024 | 19:55 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
□Oleh: Mentari Puspadini, CNBC Indonesia
■Foto: Infografis/ Intip Harta Orang Terkaya RI Dari Dividen, Sosok Ini Terbesar/Aristya Rahadian Getty Images © 2024 GetarMerdeka.com
Jakarta, GetarMerdeka.com — Hartono bersaudara telah lama menduduki jajaran orang terkaya di Indonesia. Bahkan, jika harta keduanya digabung, maka mereka menduduki peringkat pertama konglomerat terkaya di Indonesia.
Dalam Forbes Real Time Billionaires per Kamis, (17/10/2024), Robert Budi Hartono tercatat di urutan kedua orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan US$27 miliar atau setara dengan Rp 418,6 triliun. Lalu pada urutan ketiga diisi oleh Michael Hartono dengan total kekayaan US$25,9 miliar atau setara dengan Rp401,55 triliun.
Bila harta keduanya digabung, maka mengakumulasi kekayaan sebesar US$52,9 miliar. Raihan ini mengungguli harta individu terkaya di Indonesia Prajogo Pangestu yang memiliki harta US$52,5 miliar.
Banyak orang mengira sumber kekayaan terbesar duo Hartono berasal dari usaha rokok kretek yang mereka miliki saja. Sebagaimana diketahui, Robert dan Michael Hartono merupakan anak dari pendiri perusahaan rokok kretek Djarum, Oei Wie Gwan.
Grup Djarum melebarkan sayap mulai tahun 1972 dengan melakukan ekspor dan melakukan produksi menggunakan mesin pada 1981 hingga menjadi perusahaan rokok terbesar di Tanah Air.
Beberapa produk Djarum yang dikenal masyarakat yakni Djarum Coklat, Djarum 76, Djarum Super, hingga Djarum Black.
Pada faktanya, sumber kekayaan Duo Hartono selain dari Djarum, juga mengalir dari investasi. Duo Hartono menjadi pemegang saham pengendali di PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) dibawah naungan PT Dwimuria Investama Andalan dengan kepemilikan 54,94% saham BBCA hingga laporan keuangan kuartal IV 2023.
Dwimuria dimiliki oleh Robert Budi Hartono sebanyak 51% saham, dan 49% saham dipegang oleh Michael Bambang Hartono.
Aliran kekayaan duo Hartono juga berasal dari investasi di emiten sektor telekomunikasi, PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR).
Melalui PT Sapta Adhikari Investama yang dimiliki oleh keluarga Hartono, mereka memiliki kepemilikan saham TOWR sebesar 54,42% dan menjadi pengendali utama. Selain itu PT Dwimuria Investama Andalan yang dimiliki oleh keluarga Hartono juga memiliki porsi sebesar 5% di saham TOWR hingga 30 April 2024.
Kontribusi kekayaan Duo Hartono dari investasi juga berasal dari kepemilikan terbesar di saham PT Global Digitan Niaga Tbk (BELI). Melalui PT Global Investama Andalan (GIA), keluarga hartono memiliki kepemilikan saham BELI sebesar 80,49% per 30 April 2024. (fsd/desk*)
Sumber: CNBC Indonesia
[gmc/fsd/ro1/adv]
SHARE

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis