Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Sail Indonesia 2024: Pemda Siap Sambut Yatcher, Seribu Pohon Ditanam di Kawasan Pantai Gelora

Rabu, 11/09/2024 | 16:55 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
Insert: Sail Indonesia 2024 di Pantai Gelora Sumbawa, 14 September mendatang. Getty Images © 2024 GetarMerdeka.com
Sumbawa Besar, GetarMerdeka.com — Pemerintah Kabupaten Sumbawa tengah melakukan persiapan matang untuk menyambut pembukaan Sail Indonesia di Pantai Gelora. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengirimkan undangan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Pariwisata, dan Penjabat Gubernur NTB untuk menghadiri acara pembukaan. Selain itu, persiapan fisik lokasi juga telah mencapai 95% dan dinilai sudah sangat memadai untuk menyambut para peserta Sail Indonesia.
Untuk memeriahkan pembukaan Sail Indonesia 2024 di Pantai Gelora yang akan berlangsung dari 14 -19 September 2024, Pemda Sumbawa telah menyampaikan undangan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan, serta Menteri Pariwisata dan Pj. Gubernur NTB.
Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sumbawa, Dr. Dedi Heriwibowo, dalam keterangan Persnya kemarin.
"Kami sudah mengirim undangan ke Menteri Kelautan dan Perikanan serta Pariwisata mudah-mudahan berkesempatan hadir untuk acara pembukaan. Termasuk kita juga mengundang Pj Gubernur NTB," tanddas Dedi Heriwibowo. 
Diungkapkan, dari sisi perencanaan fisik lokasi, hingga saat ini persiapan telah mencapai 95 persen, dan disana sudah kita siapkan venue utama dan venue publik areanya, dengan persiapan lokasi telah dicek bersama OPD terkait, seperti Dinas LH, PRKP, PUPR, Bappeda, DKP dan Sekda Sumbawa.
"Alhamdulillah, lokasi pantai Gelora itu sudah sangat memadai untuk pendaratan peserta sail, dan sudah ada fasilitas untuk mendukung aktivitas harian peserta sail dan toilet standar yang diharapkan peserta sail, bahkan Event Organizer Sail Indonesia telah bertemu langsung Bupati Sumbawa untuk mengkonfirmasi kedatangan peserta sail Indonesia ke Kabupaten Sumbawa.
Berdasarkan informasi dari Event Organizer (EO) Sail Indonesia, sebanyak 131 peserta dari 20 negara, menggunakan 47 yacht akan berlabuh di Pantai Gelora, dengan Manifes peserta sail yang disampaikan oleh EO Sail Indonesia kita akan kedatangan 47 Yacht dari 20 negara, yang terdiri dari 131 peserta, terbanyak dari Australia 31 orang, Amerika Serikat (18), Britania Raya (16), UK (13). Kemudian Bulgaria, Denmark, Singapore, New Zealand, Turki, Belanda, Philipina, Prancis, Ekuador, Norwegia, Swedia, Irlandia, Kanada, Indonesia, Jerman dan Spanyol. 
Insya Allah pada tanggal 14 akan menyambut kedatangan mereka di Pantai Gelora, ujarnya. 
Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbawa Rahmat Hidayat S.Pi MT ketika ditemui diruang kerjanya, Rabu (11/09//2024) menyatakan serangkaian dengan kegiatan Sail Indonesia, kami dari DKP bersama OPD Pemda Sumbawa, msyarakat dan anak ' anak sekolah termasuk para yatcher akan melakukan penanaman mangrove sekitar 1000 pohon dan bersih pantai dikawasan pantai Gelora, jelasnya.(GMC/Am06/Desk*).
[gmc/dim/ro1/adv]
SHARE

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis