Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Resmi Jabat Kapolda NTB, Ini Profil dan Prestasi Irjen Hadi Gunawan

Minggu, 22/09/2024 | 15:51 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
Foto: Irjen Pol Hadi Gunawan, S.H., S.I.K. (iNews/Istimewa/Desk php) Getty Images © 2024 GetarMerdeka.com
Jakarta, GetarMerdeka.com — Jabatan Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Kapolda NTB) resmi berpindah dari Irjen Pol Drs. R. Umar Faruq, S.H., M.Hum., kepada Irjen Pol Hadi Gunawan, S.H., S.I.K. Pergantian ini dilakukan seiring dengan pensiunnya Irjen Pol Umar Faruq.
Rotasi tersebut tercantum dalam surat telegram Kapolri Nomor ST/2098/IX/KEP./2024 hingga ST/2101/IX/KEP./2024 yang dikeluarkan pada 20 September 2024.
Baca Juga : #Kapolri Rotasi Empat Kapolda dan 309 Pati-Pamen Polri, Upaya Tingkatkan Kinerja
Profil Irjen Pol Hadi Gunawan
Irjen Pol Hadi Gunawan, lahir di Kabupaten Lombok Timur, NTB pada 8 Desember 1967, ia memiliki rekam jejak panjang di Kepolisian Indonesia.
Sebagai lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1991, Irjen Hadi dikenal berpengalaman dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Polri. Sebelum menjabat Kapolda NTB, ia menduduki posisi sebagai Koordinator Staf Ahli Kapolri.
Karier Irjen Hadi Gunawan dimulai dan cukup lama sejak penempatan pertama di Polda Jawa Timur dan beberpa tahun selanjutnya ia kemudian sempat berdinas di Polda NTB.
Selama di Polda NTB sejumlah jabatan pernah ia duduki diantaranya Kasubdit 2 Ditreskrimsus Polda NTB pada 2006 dan Kapolres Sumbawa Barat di tahun 2008 silam. Selain itu, diketahui Irjen Hadi juga aktif dalam kegiatan sosial dan keagamaan di NTB, salah satunya sebagai anggota Dewan Pakar Pengurus Besar Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (PB NWDI).
Karier dan Prestasi di Bidang SDM
Irjen Hadi Gunawan diketahi cukup berpengalaman di bidang SDM Polri. Ia pernah memegang sejumlah jabatan penting, seperti Kasubbagrenstra Bagren Rojianstra SSDM Polri (2011), Karo SDM Polda Banten (2014), dan Karo SDM Polda Lampung (2017).
Pada 2018, Hadi ditugaskan sebagai Analis Kebijakan Madya SSDM Polri, dan pada tahun 2021, ia meraih Pin Emas Kapolri atas prestasinya di bidang SDM. Keahliannya dalam manajemen SDM menjadi salah satu faktor utama yang mendorong promosi ke posisi Kapolda NTB.
Inovasi SRC dan Penghargaan Presiden
Salah satu inovasi besar Irjen Hadi Gunawan adalah menciptakan alat *Shuttle Run Counter (SRC)*, yang digunakan untuk mengukur kemampuan fisik calon anggota Polri secara lebih transparan dan adil.
Alat digital ini mempermudah penghitungan akselerasi dan kelincahan dalam tes kesemaptaan jasmani. Atas inovasi ini, Hadi menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo pada peringatan HUT Bhayangkara ke-72 tahun 2018.
Alat SRC tidak hanya digunakan dalam proses rekrutmen anggota Polri, tetapi juga untuk mengevaluasi kesehatan dan kekuatan personel Polri secara rutin.
Pergantian kepemimpinan Kapolda NTB kepada Irjen Pol Hadi Gunawan diharapkan membawa angin segar bagi institusi kepolisian di wilayah NTB. (*)
Sumber : Tribratanews.id
[gmc/tri/ro1/adv]
SHARE

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis