Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Rafiq Desak Pemda Sumbawa Segera Realisasikan Program KUBE dalam APBD 2024

Jum'at, 13/09/2024 | 12:37 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa periode 2019-2024 Abdul Rafiq SH (Foto: Dok. Istimewa) Getty Images © 2024 GetarMerdeka.com
Sumbawa Besar, GetarMerdeka.com — Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa periode 2019-2024 Abdul Rafiq SH meminta kepada Pemerintah Daerah agar program KUBE yang telah dianggarkan dalam APBD 2024 dapat segera direalisasikan, mengingat saat ini sangat dibutuhkan oleh rakyat Sumbawa.
Dikatakan, bahwa kepentingan rakyat harus diutamakan, sebab program KUBE sangat penting bagi masyarakat, terutama dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan kami meminta agar proses verifikasi dan pencairan dana KUBE dilakukan secara cepat, transparan dan akuntabel mengingat proposal tersebut telah diterima oleh Dinas Sosial dan telah melewati proses pembahasan di Badan anggaran DPRD Kabupaten Sumbawa.
"Program KUBE diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, misalnya melalui peningkatan pendapatan atau pengembangan usaha kecil, dan Alhamdulillah kami mendengar suara rakyat baik di lapangan maupun di media sosial terhadap beberapa program yang kini digulirkan salah satunya program KUBE sebagai wujud hadirnya Pemerintahan Daerah Sumbawa melalui Pokir Saya juga menjadi perbincangan ditengah masyarakat khususnya di Dapil Lima," kata Rafiq dalam keterangan Persnya, Jumat 13 September 2024.
Disebutkan, sebagai pemilik Pokir tersebut dianggarkan untuk membantu KUBE, yakni diperuntukkan bagi 61 Kelompok KUBE di Dapil 5 dengan anggaran Rp.3,5 Milyar, dan karena "Bolanya" (peran utama) sekarang di Dinas terkait yakni Dinas Sosial, maka kami berharap kepada Dinas Sosial untuk segera memverifikasi kelompok tersebut sesuai proposal yang sudah diterima.
Semua mekanisme pembahasan anggarannya sudah dilakukan di badan anggaran dan penerimanya sudah ada tegas Rafiq, dan kami berharap agar segera disalurkan, karena mereka sangat membutuhkan anggaran itu untuk memenuhi kebutuhan mereka, ujarnya.
"Terlepas dari masalah politik, jangan karena saya menjadi calon Bupati kemudian bermain main. Ini adalah kepentingan rakyat jadi harus diutamakan, demikian pula ada beberapa Kepala Desa yang tahun dulu enggan dan terkesan menghalangi program ini agar dapat menjadi atensi DPMD Kabupaten Sumbawa dan Inspektorat sebagai pembina Kepala Desa, agar tidak melakukan tindakan yang merugikan rakyat" tegasnya.
Lebih lanjut Rafiq mengatakan, janganlah karena saya menjadi calon Bupati kemudian merugikan rakyatnya sehingga tidak fair dalam memenuhi hak rakyatnya untuk sejahtera, karena itu saya berharap anggaran Rp 3,5 Milyar KUBE itu segera dicairkan dan dipercepat verifikasinya sehingga masyarakat dapat segera menerimanya untuk membeli kebutuhan mereka sehari hari, dan saya yakin Pemerintah Daerah dapat profesional, transparan dan akuntabel dalam mengelola anggaran sesuai aturan", pungkasnya.(GMC/Am06/Desk*)
[gmc/dim/ro1/adv]
SHARE

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis