Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Khotib di Masjid Nurul Huda, Iqbal Mengajak Berbuat Makruf dan Mencegah Kemungkaran

Jum'at, 20/09/2024 | 18:05 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
Foto: Bakal Calon Gubernur NTB, Dr H Lalu Muhammad Iqbal, saat menjadi Khotib di Masjid Jami' Nurul Huda Sumbawa Besar, Jumat (20/9/2024) (Dok. ist/istimewa/Am06/Desk) Getty Images © 2024 GetarMerdeka.com
Sumbawa Besar, GetarMerdeka.com — Bakal Calon Gubernur NTB, Dr H Lalu Muhammad Iqbal berkesempatan menjadi Khotib di Masjid Jami' Nurul Huda, Kelurahan Pekat, Kecamatan Sumbawa pada Jum'at 20 September 2024.
Dalam khutbah singkatnya Dr Iqbal mengutip ayat Alquran surah Al-Imran ayat 110 dimana Allah berfirman yang artinya "Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia (selama) kamu menyuruh (berbuat) yang makruf, mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.
Dari ayat tersebut Dr Iqbal mempertanyakan apakah kita umat Islam sudah menyeru kepada kebaikan dan mencegah kepada keburukan?
"Janji Allah Umat Islam akan menjadi umat terbaik bagi manusia namun kenyataannya saat ini justru dari 38 negara di dunia, 20an merupakan negara yang mayoritas Islam namun semuanya masih terbelakang, paling korupsi, paling miskin dan lainnya," ungkap Dr Iqbal.
Kenapa hal itu terjadi? Jawabannya karena kita belum menyeru kepada kebaikan dan mencegah kepada keburukan.
"Alhamdulillah, selama 10 bulan ini, saya diberikan kesehatan dan kesempatan untuk dapat berkunjung dari Barat hingga timur dan selatan hingga ke Utara NTB. Penomena apa yang saya lihat ? Kita di NTB darurat sampah, disetiap sudut dan sepanjang jalan berserakan sampah dimana-mana, hingga masjid, pesantren semuanya berserakan," paparnya.
Jika kita ingin menjadi Umat terbaik seperti janji Allah maka lakukanlah hal terkecil dahulu yaitu mengajak kepada kebaikan dengan mengajak teman memindahkan sampah ketempat semesti.
"Mulailah dari diri kita sendiri, In Shaa Allah janji Allah itu pasti dan kita sedang menuju ke arah sana namun mari kita senantiasa mengajak kepada kebaikan dan menyeru kepada keburukan," tutupnya.(Am06/Desk*)
[gmc/dim/ro1/adv]
SHARE

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis