Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Kejari dan Disnakertrans Sumbawa Akan Adakan MoU Soal Pelatihan Kerja

Kamis, 26/09/2024 | 21:37 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
Foto: Kajari Sumbawa Hendi Arifin SH (kiri) dan Kadisnakertrans Kabupaten Sumbawa H.Varian Bintoro S.Sos M.Si (kanan) dalam perbincangan diruang kerjanya, Kamis (26/09/2024). Am06/Desk.php Getty Images © 2024 GetarMerdeka.com
Sumbawa Besar, GetarMerdeka.com — Dalam waktu dekat ini Kejaksaan Negeri Sumbawa bersama Disnakertrans Sumbawa Akan mengadakan jalinan kerjasama (MoU) terkait dengan pelatihan ketrampilan kerja bagi para pelaku tindak pidana umum yang dihentikan perkara penuntutannya melalui keadilan Restoratif Justice (RJ), ungkap Kajari Sumbawa Hendi Arifin SH dalam perbincangan diruang kerjanya, Kamis (26/09/2024).
Mengapa jalinan kerjasama dengan Disnakertrans ini dilakukan terang Kajari Hendi Arifin, berawal dari keprihatinan ketika melihat dan mencermati persoalan mendasar terkait dengan tidak sedikit pelaku tindak pidana umum yang telah dihentikan penuntutan pidananya melalui keadilan Restoratif Justice (RJ) sepanjang tahun 2024 ini, justru pelakunya rata-rata masih berusia muda (usia kerja), dengan ketrampilan dan pengalaman kerja yang minim.
"Akibat ketrampilan kerja yang dimiliki tidak memadai, terhimpit masalah ekonomi, mereka melakukan tindak pidana pencurian misalnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga kedepan kami berharap Pemerintah Daerah melalui leading sektor terkait dapat memfasilitasi pemberian ketrampilan kerja bagi mereka, dan ketika mereka keluar dari BLK/KLK paling tidak mereka punya ketrampilan positif untuk berusaha, dan program ini disambut positif oleh Disnakertrans," papar Kajari Hendi Arifin.
Menurutnya, dengan adanya kerjasama ini, maka kedepan jika ada perkara RJ, maka yang mendapatkan RJ bisa langsung direkomendasikan untuk dapat mengikuti program pelatihan kerja di Disnakertrans, dimana secara teknisnya akan segera dikoordinasikan dan diformulasikan oleh Kasi Datun bersama Kabid dan KLK setempat, ujarnya.
Kadisnakertrans Kabupaten Sumbawa H.Varian Bintoro S.Sos M.Si sangat menyambut positif kerjasama yang akan dibangun dengan Kejari Sumbawa.
"Ini merupakan sebuah terobosan inovasi dan program yang seiring dengan apa yang menjadi tupoksi dari Disnakertrans, dimana program ini tidak saja bersifat insidentil saja, tetapi akan dapat dimasukkan kedalam program rutin dan berkesinambungan kedepan, apalagi peserta yang direkomendasikan rata-rata masih muda dan usia kerja," pungkas Varian Bintoro.(Am06/Desk*)
[gmc/dim/ro1/adv]
SHARE

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis