Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Empat Pasangan Cakada Sumbawa Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSUDP NTB

Minggu, 01/09/2024 | 21:37 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
Insert (istimewa) Getty Images © 2024 GetarMerdeka.com
Mataram, GetarMerdeka.com — Empat Paket Pasangan Calon Kepala Daerah (Cakada) Sumbawa terdiri dari pasangan Rafiq - Sahril (RASA), Mo - BJS, Jarot - Ansori dan Novi - Talif menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai tahap akhir pendaftaran peserta kontestasi Pilkada serentak tahun 2024 ini di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) di Mataram, Minggu 1 September 2024.
Pasangan RASA menjalani pemeriksaan kesehatan bersama delapan pasangan calon Kab/Kota lainnya (16 orang) dan selesai pada pukul 18.10 WITA.  
Kepada wartawan Rafiq dalam keterangan Persnya menyatakan telah mengikuti semua proses pemeriksaan kesehatan tersebut dan mengakui seluruh proses pemeriksaan dilakukan dengan baik dan excellent.
"Alhamdulillah kami telah mengikuti segala rangkaian tes kesehatan dan tidak ada kendala dan seluruh tahapan kami ikuti sampai selesai pada sore tadi," ujar bakal calon Bupati Sumbawa Abdul Rafiq
Pelayanan kesehatan di RSUP Provinsi NTB sangat memuaskan kata Rafiq, dan selama melakukan tes kesehatan, pelayanan RSUP Provinsi NTB sangat exelent. Kami berdoa agar semua Paslon dinyatakan sehat, baik jasmani maupun rohani sehingga bisa mengikuti seluruh rangkaian Pilkada hingga proses pemungutan suara pada 27 Nopember 2024, ujarnya didampingi Cawabup H Sahril SPd MPd.
Direktur RSUD Provinsi NTB dr. Lalu Herman Mahaputra menuturkan rangkaian pemeriksaan kesehatan pada hari terakhir ini sama seperti pemeriksaan kesehatan kepada para pasangan calon lainnya yang telah menjalani pemeriksaan kesehatan sebelumnya.
Setiap bakal calon kepala daerah harus diambil sampel darahnya, setelah itu diberikan sarapan karena sudah menjalani puasa di malam harinya dan dilanjutkan pemeriksaan fisik dan psikis kemudian tes penunjang dan lainnya. 
Untuk proses pemeriksaan kesehatan, dilakukan 10 - 12 jam untuk pengambilan sampel darah, tes urine dari BNN, tes kejiwaan selama 4 - 4,5 jam.
Khusus di tes kejiwaan karena jumlah soal yang diberikan sebanyak 500 pertanyaan, pihaknya mengingatkan kepada bakal calon untuk menjawab setiap pertanyaan dengan rileks dan tidak perlu tegang serta mendahulukan pertanyaan yang mudah dijawab terlebih dahulu.
Delapan bakal paslon bupati dan wakil bupati pada pilkada 2024 yang menjalani pemeriksaan kesehatan pada hari terakhir ini, yakni bakal paslon Bupati dan Wakil Bupati Dompu Bambang Firdaus-Syirajuddin, dan bakal paslon Bupati dan Wakil Bupati Bima, yakni pasangan Muhammad Putera Feriyandi-Rosiati dan pasangan Ady Mahyudin-Irfan.
Selanjutnya satu bakal paslon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur, yakni Suryadi Jaya Purnama-TGH Gede Patihin. Kemudian empat bakal paslon Pilkada Sumbawa, yakni pasangan Abdul Rafiq-Sahril. Mahmud Abdullah-Burhanudin Jafar Salam, Dewi Noviany-Talifuddin,dan Syarafuddin Jarot-Muhammad Ansori
Menurutnya, untuk hasil pemeriksaan kesehatan tersebut nanti akan dilaksanakan rapat pleno dan hasilnya akan diserahkan kepada KPU setempat. Kehadiran masing-masing bakal paslon pilkada yang mengikuti pemeriksaan kesehatan pada hari terakhir di RSUD Provinsi NTB didampingi oleh KPU dan Bawaslu setempat.(GMC/AmNTB/Desk*)
[gmc/ro1/hin/adv]
SHARE

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis