Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Akun X dan Instagram Paus Fransiskus Diikuti Jutaan Orang di Dunia

Selasa, 03/09/2024 | 13:54 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
Paus Fransiskus tiba di Indonesia. Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane Getty Images © 2024 GetarMerdeka.com
Iptek: Aisyah Kamaliah - detikInet
Jakarta, GetarMerdeka.com — Paus Fransiskus tiba di Indonesia hari ini, Senin (3/9/2024). Dia melakukan perjalanan apostolik dan kunjungan kenegaraan di Indonesia selama tiga hari, 3-6 September 2024.
Ini menjadi kunjungan bersejarah, sebab Paus Fransiskus adalah paus ketiga yang datang ke Indonesia setelah Paus Paulus VI pada 3-4 Desember 1970 dan Paus Yohanes Paulus II pada 8-12 Oktober 1989.
Paus Fransiskus terbilang aktif di media sosial. Di X, akun @Pontifex telah mendapatkan 18,5 juta followers. Sementara di Instagram @Franciscus, dia diikuti 9,4 juta orang.
Akun X @Pontifex diluncurkan secara resmi pada 3 Desember 2012. Saat itu, Paus Benedict XVI yang memegang akun tersebut. Dia membagikan tweet pertamanya sembilan hari kemudian, tepatnya pada 12 Desember 2012.
Ketika Benediktus mengundurkan diri dari jabatannya, Vatikan menonaktifkan akun tersebut. Beberapa menit setelah Jorge Mario Bergoglio menyampaikan pidato pertamanya sebagai Paus Fransiskus I, Vatikan membagikan sebuah tweet berbahasa latin 'HABEMUS PAPAM FRANCISCUM' yang artinya 'Kita punya Paus Fransiskus'. Semenjak itu, akun @Pontifex dipegang oleh Paus Fransiskus.
Di media sosial yang dia punya, Paus Fransiskus kerap membagikan ceramah dan pengingat kebaikan. Segala aktivitasnya dibagikan di medsos dan mendapatkan puluhan ribu likes.
Baca juga: #Ini Pesawat yang Ditumpangi Paus Fransiskus ke RI
Meski memanfaatkan medsos, Paus Fransiskus punya aturan terkait penggunaanya. Uskup Agung Becciu mengatakan Paus Fransiskus telah memberikan beberapa panduan mengenai hal itu.
"Yang terpenting, jangan menyalahgunakannya: Jangan menggunakannya dalam Misa!" kata Uskup Agung mengutip Paus Fransiskus seperti pernah diberitakan Vatican News.
Uskup Agung Becciu mengatakan Paus juga telah mengingatkan para uskup dan pastor untuk tidak menyalahgunakan media sosial.
"Namun pada saat yang sama, kita harus memiliki keberanian dan kebijaksanaan untuk menggunakannya dengan baik. Keberanian dibutuhkan karena ini adalah hal baru dan karenanya kita perlu 'melemparkan diri' ke dalam kebaruan ini. Dan (ini membutuhkan) kebijaksanaan karena setiap alat harus digunakan dalam takaran yang tepat," lanjutnya.
Paus Fransiskus menambahkan bahwa kita harus menghindari ujaran yang menyinggung di media sosial. Justru, media sosial harus digunakan untuk hal yang bermanfaat.
"Kita harus menggunakannya sebagai instrumen untuk berkomunikasi dengan orang lain. Komunikasi seharusnya membantu kita bertumbuh dalam Roh, dalam budaya, dan dalam sikap kita terhadap orang lain," ucapnya.
Baca juga: #Sambut Paus Fransiskus-Misa Suci, Telkomsel Optimalkan Akses Jaringan
#Yang Perlu Diperhatikan saat Paus Fransiskus Pimpin Misa di Jakarta
(Sumber: detikcom - detiknet/ask/fay)
#paus fransiskus
#media sosial
#akun x
#instagram
#paus fransiskus ke indonesia
[gmc/dtc/ro1/adv]
SHARE

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis