Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Porwanas XIV Kalsel 2024 Ditutup, PWI NTB Raih Juara Umum Tiga

Minggu, 25/08/2024 | 19:58 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
Getty Images © 2024 GetarMerdeka.com
Banjarmasin, GetarMerdeka.com — Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV di Banjarmasin, Kalimantan Selatan berakhir dan ditutup Ahad malam (25/08/2024).
Memimpin dalam perolehan medali, tuan rumah Kalimantan Selatan meraih juara umum Porwanas XIV Tahun 2024, setelah mengoleksi total 34 medali, terdiri dari 16 medali emas, 6 perak dan 12 perunggu.
Disusul kontingen Jawa Barat dengan total 27 medali, terdiri terdiri dari 10 medali emas, 6 perak dan 11 perunggu.
Kemudian di peringkat ketiga Nusa Tenggara Barat membuat kejutan, dengan menempati posisi ketiga dengan 15 medali terdiri dari 4 emas, 2 perak dan 9 perunggu.
“Selamat bagi kontingen PWI Kalsel atas gelar juara umum pada Porwanas kali ini,” kata Ketua PWI, Henry CH Bangun di Banjarmasin, Minggu malam.
Atas prestasi gemilang yang ditorehkan, membuat Ketua PWI NTB, Nasruddin Zain kehabisan kata-kata. Nasruddin mengaku tak menyangka atas raihan fantastis yang diraih kontingen PWI NTB kali ini. Sebab, jika dibandingkan Porwanas XIII di Malang, Kontingen NTB hanya meraih satu medali perunggu dan menempati posisi 21.
"Saya tidak bisa berkata-kata apa-apa. Di tengah persiapan kita yang minim, utamanya dari sulitnya pendanaan. Tapi Alhamdulillah atlet tetap fokus untuk bertanding, sehingga memperoleh hasil yang di luar dugaan," ujarnya pada wartawan, Minggu 25 Agustus 2024.
Jurnalis senior RRI ini mengaku bahwa prestasi gemilang di Porwanas XIV Kalimantan Selatan 2024, tidak lain dari tekad dan semangat semua kontingen PWI NTB yang kompak sedari awal berangkat bersama PWI kabupaten/kota.
"Prestasi di luar prediksi ini, adalah keberhasilan bersama. Terimakasih kasih para pihak yang sudah membantu dan memberikan kontribusinya. Utamanya, para atlet yang sudah bertanding dan pengurus PWI di kabupaten/kota yang sudah mengawal para atletnya selama ini," kata Nasruddin.
Sementara itu, Ketua SIWO PWI NTB, Jony Martadinata mengaku bahwa prestasi yang ditorehkan di Porwanas XIV Kalimantan Selatan ini akan menjadi evaluasi pihaknya dalam menerjunkan para atlet di Porwanas berikutnya.
"Yang pasti, cabor-cabor yang memperoleh prestasi berupa medali akan kita fokus untuk pembinaan secara berjenjang. Intinya, persiapan kita akan jauh lebih di ajang Porwanas selanjutnya," kata dia.
Dalam kesempatan itu, Pimpinan Redaksi Harian Lombok Post itu tak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada semua atlet PWI NTB yang telah bersungguh-sungguh berjuang untuk meraih prestasi dalam ajang bergengsi olahraga wartawan di Indonesia tersebut.
“Selamat pada peraih medali di Porwanas Kalsel. Khusus, bagi yang belum menyumbangkan medali harus lebih banyak berlatih karena itu merupakan prestasi yang tertunda," pesannya.
Terpisah, Pj Gubernur Hassanudin mengucapkan rasa syukur dan rasa bangganya atas prestasi yang berhasil diraih kontingen PWI NTB di ajang Porwanas Kalsel 2024.
(istimewa)
"Alhamdulillah, selamat dan sukses terus. Kami semua bahagia atas prestasi yang membanggakan daerah yang disumbangkan teman-teman PWI NTB di ajang Porwanas," ungkap Hassanuddin.
Porwanas XIV Kalimantan Selatan secara resmi ditutup Asisten Administrasi Umum Setdaprov Kalsel, Ahmad Bagiawan mewakili Gubernur Sahbirin Noor, di Mahligai Pancasila, kediaman Gubernur Kalsel, Minggu malam. Penutupan Porwanas XIV dirangkai dengan ramah tamah dengan Gubernur Kalimantan Selatan, dihadiri Pengurus PWI, SIWO, dan IKWI Pusat.
Acara juga dihadiri Pengurus PWI, SIWO, dan IKWI dari 34 provinsi, termasuk tuan rumah Kalimantan Selatan bersama seluruh kontingen yang mengikuti Porwanas XIV. Event tiga tahunan yang berlangsung di Kalimantan Selatan pada 2024 diikuti lebih 1.500 atlet wartawan dan mengikuti 11 cabang olahraga. (*)
Berikut nama-nama peraih medali NTB di Porwanas ke-XIV Kalimantan Selatan 2024:
Medali EMAS :
1. Zulkarnain (atletik lari 5.000 meter) 2. Darwis (domino perorangan) 3. H M Nasir (catur cepat perorangan papan 4) 4. H Abdul Muis (catur kilat perorangan papan 4)
Medali PERAK :
1. Fajar Rachmat, Zakaria, dan Obby Teja Sumantri (Balogo beregu) 2. H Abdul Muis, Imam Taufik, H M Nasir, Ardianto (catur cepat beregu)
Medali PERUNGGU : 1. H Agus Talino-Jamhur Husein (Tenis meja berpasangan perorangan) 2. Zakaria (Balogo perorangan) 3. Zaenudin-Abet Kamarudin (Biliar bola 8 double) 4. H Abdul Muis (catur cepat perorangan papan 1) 5. Imam Taufik (catur cepat perorangan papan 2) 6. H Abdul Muis, Imam Taufik, H M Nasir, Ardianto (catur kilat beregu) 7. Abet Kamarudin-Lukman (biliar kategori beregu bola sembilan. 8. Afriza Kurniawan (karya jurnalistik Reportase Radio - Pecahkan Rekor Muri, 5.684 Orang Bentangkan Kain Sasirangan sepanjang 5.700 Meter pada acara Meratus Geopark Great Culture Carnival 2024) 9. Randi Pratama (karya jurnalistik Fotografi - (Uniknya Proses Pembuatan Kain Sasirangan) 10. Aris Munandar (karya jurnalistik Videografi - Explore Wisata Desa Belangiang).(TVGM/Adi)
[gmc/adi/adv]
SHARE

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis