Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Pengadaan Ternak Pokir Dewan 2024 Serap Anggaran Rp 1,8 Miliar Lebih

Jum'at, 30/08/2024 | 09:23 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
Getty Images © 2024 GetarMerdeka.com
Sumbawa Besar, GetarMerdeka.com — Dalam tahun anggaran 2024 ini Pemda Sumbawa melalui APBD menggelontorkan anggaran mencapai sekitar Rp 1,8 Miliar lebih, guna menunjang pengadaan bibit ternak pokok pikiran (Pokir) aspirasi sejumlah anggota DPRD Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Sumbawa.
Pengadaan bantuan bibit ternak sapi dan kambing tahun 2024 Pokir Dewan tersebut, ungkap Kepala DPKH Kabupaten Sumbawa H.Junaidi STP dalam keterangan Persnya, Jum,at (30/08/2024) akan diberikan kepada masyarakat penerimaan manfaat (Kelompok Tani Ternak) yang tersebar di beberapa wilayah Kecamatan didaerah ini.
"Pengadaan hewan ternak tahun anggaran 2024 ini, terdiri dari pengadaan bibit sapi, kerbau dan kuda mencapai sekitar Rp 1,2 Milyar dan pengadaan bibit ternak kambing sebesar Rp 679 Juta, dimana dalam tahun ini ada dua model pengadaan yang dilakukan, yakni melalui sistem E-Catalog dan Hibah langsung ke Kelompok Tani ," tandas Haji Junaidi.
Dijelaskan, untuk pengadaan ternak melalui E-Catalog ini seperti ternak Sapi, Kambing, Kerbau dan Kuda, sedangkan untuk hibah langsung seperti Unggas (Itik dan Ayam), dan kenapa pengadaan unggas dilakukan seperti itu agar pengadaan bisa dilakukan kelompok tersebut melalui tahapan-tahapan dan anggaran langsung masuk ke rekening kelompok.
Ternak sapi Sumbawa
Sesuai dengan rencana awal terang Haji Junaidi, pengadaan bibit ternak difokuskan pada pengadaan bibit sapi sebanyak 186 ekor terdiri dari bibit sapi Bali 100 Cm, sapi Bali betina 104 Cm, sapi PSB betina 110 Cm dan bibit sapi Bali jantan 105 Cm, pengadaan kerbau bibit 102 Cm, kuda betina 102 Cm, kambing bibit betina 55 Cm yang diperuntukkan bagi kelompok petani peternak di beberapa wilayah didaerah ini, paparnya.
"Allhamdulillah, sudah berjalan dengan baik di lapangan, tim teknis (CPCL) telah melakukan cek fisik, dan selama proses ini berjalan, kami didampingi oleh APIP Inspektorat dan Kejaksaan, mulai dari proses pengadaannya, seleksi sampai distribusi bantuan ternak ke Kelompok Ternak," ujar Haji Junaidi.
Pengadaan ternak ini merupakan salah satu program strategis daerah, dimana prosesnya sejak Senin (26/08/2024), tim teknis telah melaksanakan action lapangan, guna mengecek dan review ketersedian stock bibit sapi ternak ini dan dinyatakan aman 100 persen sesuai dengan persyaratan di E-Catalog.
"Insha Allah, kami optimis pengadaan bibit ternak rampung dan tuntas di distribusikan ke masing-masing kelompok tani ternak, dan dalam pengadaan bibit ternak melalui E-Catalog ini dipercayakan kepada UD.Bukit Indah yang beralamat di Labuan Badas. Kami berharap kedepan, agar kelompok masyarakat petani ternak yang mendapatkan bantuan bibit ternak dari anggaran pokir DPRD Sumbawa tahun 2024 ini bisa mengembangkannya dengan baik," pungkas Haji Junaidi.(GMC/@Adi)
[gmc/ro1/adv]
SHARE

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis