Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Pandangan Rafiq - Sahril Terhadap Hak Dasar dan Wajib Memenuhi SPM Kesehatan

Rabu, 28/08/2024 | 14:27 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
Pasangan Rafi-Sahril. Getty Images © 2024 GetarMerdeka.com
Sumbawa Besar, GetarMerdeka.com — Pasangan Rafiq Sahril (RASA) memandang kesehatan sebagai hak dasar setiap warga negara dan investasi penting bagi masa depan daerah. Keduanya menekankan pentingnya peningkatan akses dan kualitas layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Sumbawa yang sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) pada layanan dasar tanpa terkecuali.
"Permasalahan dan tantangan yang dihadapi pada bidang Kesehatan salah satunya adalah belum tercapainya Standar Pelayanan Minimal pada layanan dasar. Inilah yang menjadi prioritas perhatian dan program unggulan Kami" ungkap Rafiq Rabu 28 Agustus 2024 di sela Pendaftaran Pasangan RASA ke KPU Kabupaten Sumbawa.
Kemudian lanjutnya hal ini telah kami masukkan dalam salah satu visi dan misi yang dimasukkan dalam dokumen pendaftaran ke KPU.
Ditanya lebih lanjut Rafiq menjelaskan bahwa sesuai dengan Permenkes Nomor 6 Tahun 2024 tentang Standar Teknis Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang terdapat 12 Indikator layanan dasar dimana dari segi Logistik, Sumber Daya Manusia Kesehatan dan 12 Indikator Layanan Kesehatan Dasar secara Kualitas dan Kuantitas agar dapat terpenuhi sebesar 100%
Dikatakannya indikator Layanan Dasar SPM tersebut meliputi Pelayanan kesehatan ibu hamil, Pelayanan kesehatan ibu bersalin, Pelayanan kesehatan bayi baru lahir; Pelayanan kesehatan balita; Pelayanan kesehatan pada usia pendidikan dasar; Pelayanan kesehatan pada usia produktif; Pelayanan kesehatan pada usia lanjut;
Pelayanan kesehatan penderita hipertensi; Pelayanan kesehatan penderita diabetes melitus; Pelayanan kesehatan orang dengan gangguan jiwa berat; Pelayanan kesehatan orang terduga tuberkulosis; dan Pelayanan kesehatan orang dengan risiko terinfeksi virus yang melemahkan daya tahan tubuh manusia atau human immunodeficiency virus (HIV)
"Insya Allah Kami sangat konsen dengan hak dasar masyarakat dan langkah-langkah pemenuhan SPM tersebut. Apabila masyarakat mempercayakan Kami untuk memimpin Daerah ini maka dukungan anggaran untuk upaya tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang berkualitas dan capaian SPM kesehatan kami prioritaskan" ungkapnya.
Diantara program unggulan dibidang kesehatan ini kata Rafiq antara lain untuk penurunan Prevalensi Stunting, meningkatnya Usia Harapan Hidup masyarakat Kabupaten Sumbawa, peningkatan dan perbaikan Infrastruktur Kesehatan, Cakupan Menyeluruh Jaminan Kesehatan Masyarakat, Penguatan BLUD Bidang Kesehatan dengan sistem E-BLUD, Penguatan pelaksanaan Integrasi Layanan Primer, dan program yang lainnya.
"Dan tentunya perlu adanya dukungan anggaran yang cukup pada pelaksanaan layanan Kesehatan pada 12 indikator layanan dasar SPM" imbuhnya.
Diakuinya selama menjadi Ketua DPRD persoalan ini menjadi attensi kami agar SPM Kesehatan ini dapat terpenuhi secara bertahap. Demikian juga permasalahan dan hambatan kelanjutan pembangunan RSUD selalu kami mediasi dan fasilitasi bersama komisi teknis agar mendapatkan solusinya" ungkapnya
Ditambahkan oleh H Sahril tentang pentingnya peningkatan kompetensi nakes secara berkelanjutan seiring meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang kesehatan. " Pasangan Rafiq Sahril (RASA) menyadari pentingnya kesejahteraan tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan yang optimal. Insya Allah kami sudah memikirkan bagaimana service excellence bisa dilaksanakan di RSUD Sumbawa. Termasuk juga untuk kesejahteraan Tenaga Kesehatannya perlu diperhatikan melalui insentif dan fasilitas yang memadai serta peningkatan kompetensi nakes secara berkelanjutan seiring dengan meningkatkan teknologi dibidang kesehatan"pungkasnya.(gmc/@adi).
[gmc/ro1/adv]
SHARE

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis