Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Pemindahan Ibu Kota Negara untuk Visi Indonesia Maju 2045

Rabu, 21/06/2023 | 16:31 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka 
Red IT: Firman Wage Prasetyo
Facebook Twitter WhatsApp Instagram Youtube
Desain Ibu Kota Negara. ©2022 Merdeka.com Getty Images © 2023 GetarMerdeka.com
"Jangan lupa bahwa pindahnya ibu kota ini tidak berdiri sendiri. Ini merupakan bagian dari visi Indonesia Emas 2045,"
Jakarta, GetarMerdeka.com — Progres pembangunan infrastruktur dasar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sekarang ini telah mencapai 30 persen dari yang ditargetkan. Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono menyebut progres tersebut dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
"Kalau kita lihat infrastruktur pembangunan dasar yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR sudah mencapai 29 persen sampai 30 persen," kata Bambang saat ditemui di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Selatan, dikutip Rabu (21/6).
Bambang menjelaskan pembangunan IKN Nusantara tidak hanya membangun kantor-kantor pemerintah saja. Di ibu kota harus juga dibangun fasilitas ekonomi, fasilitas sosial hingga fasilitas budaya. Berbagai fasilitas itu pun sudah mendapatkan dukungan dari berbagai investor dalam dan luar negeri.
"Alhamdulillah ini sudah banyak dukungan dari investor lokal dan investor asing untuk berpartisipasi," kata dia.
BACA JUGA: IKN Nusantara 4 Kali Lebih Luas dari Jakarta, Tapi Penduduknya Sedikit 
1,6 Juta Orang Bakal Huni IKN Nusantara di 2024
Menurutnya, pemindahan ibu kota bukan hanya memindahkan pusat pemerintahan secara fisik, hal ini dilakukan pemerintah untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045. Tepat usia ke-100 tahun, RI harus sudah menjadi negara maju.
"Jangan lupa bahwa pindahnya ibu kota ini tidak berdiri sendiri. Ini merupakan bagian dari visi Indonesia Emas 2045," kata dia.
Sebagai negara maju jadi Nusantara ini akan berperan sebagai salah satu pusat ekonomi di dunia. Sehingga bisa membawa warganya bukan hanya sejahtera dalam hal ekonomi dan finansial tetapi juga menjadi lebih matang.
"Itu sebabnya Presiden selalu menyatakan mewujudkan apa yang disebut Indonesia sentris dengan cara-cara bekerja baru, cara hidup baru. Di situ lah kita akan ada transformasi yang dari transformasi inilah yang akan kita lihat dengan dibangunnya Nusantara ini," imbuhnya.
BACA JUGA: Siap-siap, PNS Mulai Pindah Ke IKN di Pertengahan 2024 

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis