Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Ekonomi Digital RI Diprediksi Capai Rp3.216 Triliun dalam 5 Tahun, Naik 128 Persen

Senin, 19/06/2023 | 18:49 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka 
Red IT: Firman Wage Prasetyo
Facebook Twitter WhatsApp Instagram Youtube
Ilustrasi Ekonomi Digital. ©2018 cigionline.com Getty Images ©2023 GetarMerdeka.com
Jakarta, GetarMerdeka.com — Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang Komunikasi dan Informatika, Firlie H Ganinduto memprediksi dalam 5 tahun ke depan ekonomi digital Indonesia akan terus berkembang pesat dan mampu mencapai Rp 3.216 triliun pada tahun 2027.
"Prediksi ini menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dengan ukuran ekonomi digital diperkirakan meningkat 128 persen dalam periode 5 tahun," kata Firlie dalam Raker Kadin Bidang Komunikasi dan Informatika, di Jakarta, Senin (19/6).
Selain itu, pihaknya juga memprediksi pada tahun 2027 sektor ekonomi digital akan meningkat sekitar 14 persen dari total GDP Indonesia, sehingga pertumbuhan GDP Indonesia akan tumbuh Rp23.533 triliun.
"Kontribusi ini diharapkan semakin meningkat, serta menempatkan ekonomi digital sebagai salah satu sumber pertumbuhan bagi Indonesia di tahun 2045," ujarnya.
BACA JUGA:
Belanja Produk Dalam Negeri BUMN Rp550 Triliun, Rp28 Triliun dari Pasar Digital
Dia mencatat, pada tahun 2022, ukuran ekonomi digital Indonesia mencapai Rp 1.408 triliun atau setara dengan sekitar 8 persen dari GDP Indonesia pada tahun tersebut. Artinya, adopsi teknologi yang semakin luas di berbagai sektor telah mendorong pertumbuhan sektor ekonomi digital dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian negara.
Menurutnya, dengan adanya pertumbuhan yang pesat dalam sektor ekonomi digital, Indonesia diharapkan menjadi salah satu pemain utama dalam ekonomi digital di Asia Tenggara, sehingga mampu menciptakan lapangan kerja baru, mendorong Inovasi dan memperkuat daya saing negara dalam skala Global.
Kendati demikian, pertumbuhan digitalisasi di sektor ekonomi digital di Indonesia saat ini belum diikuti oleh literasi digital yang mumpuni, utamanya literasi di sektor keuangan digital masih rendah di masyarakat.
Di sisi lain, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga data pribadi, kesadaran pengusaha dalam menerapkan langkah-langkah untuk melindungi data pribadi konsumen, sekaligus juga menerapkan langkah-langkah teknik keamanan cyber masih belum tinggi.
BACA JUGA:
Sumber: Liputan6.com/merdekacom
[gmc/mdk/azz]
Baca juga:

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis