Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Bill Gates Tiba-Tiba ke China Menghadap Xi Jinping, Ada Apa?

Kamis, 15/06/2023 | 14:14 WIB | NEWS
Internasional
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
Foto: Bill Gates (Photo by Evan Agostini/Invision/AP) Getty Images ©2023 GetarMerdeka.com
"Jika pertemuan itu benar terjadi, ini akan menandai akhir dari jeda panjang Xi dalam beberapa tahun terakhir untuk bertemu pengusaha swasta asing dan pemimpin bisnis."
Jakarta, GetarMerdeka.com — Miliarder dunia sekaligus salah satu pendiri Microsoft Corp, Bill Gates, akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping pada Jumat (16/6/2023). Pertemuan ini menjadi salah satu agneda selama kunjungannya ke China.
Reuters melaporkan agenda tersebut akan menandai pertemuan pertama Xi dengan pengusaha swasta asing dalam beberapa tahun terakhir. Sumber yang mengetahui hal tersebut mengatakan pertemuan itu kemungkinan akan menjadi pertemuan satu lawan satu.
Sumber lain juga mengkonfirmasi mereka akan bertemu, tanpa memberikan rincian. Namun sumber itu tidak mengatakan apa yang mungkin didiskusikan oleh Gates dan Xi.
Baca:
Vladimir Putin Ancam Perang Nuklir, Warning PD 3
Sebenarnya Rabu Gates sempat mentweet dirinya telah mendarat di Beijing untuk pertama kalinya sejak 2019. Dia juga menginformasikan akan bertemu dengan mitra yang telah menangani tantangan kesehatan dan pembangunan global dengan Bill & Melinda Gates Foundation.
Yayasan dan Kantor Informasi Dewan Negara China, yang menangani pertanyaan media atas nama pemerintah China, belum buka suara mengenai pertemuan keduanya.
Jika pertemuan itu benar terjadi, ini akan menandai akhir dari jeda panjang Xi dalam beberapa tahun terakhir untuk bertemu pengusaha swasta asing dan pemimpin bisnis. Xi sebelumnya berhenti bepergian ke luar negeri selama hampir tiga tahun karena China menutup perbatasannya selama pandemi.
Pertemuan terakhir yang dilaporkan antara Xi dan Gates terjadi pada tahun 2015, ketika mereka bertemu di sela-sela forum Boao di provinsi Hainan. Pada awal tahun 2020, Xi menulis surat kepada Gates berterima kasih padanya, dan Yayasan Bill & Melinda Gates, atas janji bantuan ke China termasuk US$5 juta untuk perjuangan negara melawan Covid-19.
Beberapa CEO asing telah mengunjungi China sejak dibuka kembali awal tahun ini, tetapi sebagian besar hanya bertemu dengan menteri pemerintah. Perdana Menteri Li Qiang bertemu dengan sekelompok CEO asing termasuk Tim Cook dari Apple pada Maret sementara sebuah sumber mengatakan bahwa Elon Musk dari Tesla bertemu dengan wakil perdana menteri Ding Xuexiang pada Mei lalu.
Namun, suasana komunitas bisnis asing terhadap China telah berubah menjadi hati-hati karena meningkatnya ketegangan antara China dan Amerika Serikat (AS). Di sisi lain, Xi juga meningkatkan fokus negara tersebut pada keamanan nasional.
Baca:
5 'Malapetaka' Fix Hantam China, Mau Ambruk?
Saksikan video di bawah ini:
Video: Biden Dan Xi Jinping Janjian "Kopdar", Mau Bahas Apa?
Reporter: Thea Fathanah Arbar 
Sumber: CNBC Indonesia
[gmc/cnbc/ind/sef/desk]
Tag:
bill gates china xi jinping

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis