Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Menhub Minta Operator Bandara Pastikan Keselamatan Pemudik

Minggu, 24/04/2022 | 18:55 WIB | NEWS
Reporter: Tim Getar Merdeka | Red IT: Firman Wage Prasetyo
Menhub Budi Karya Sumadi. ©BKIP Kemenhub - Getty Images ©2022 GetarMerdeka.com
Jakarta, GetarMerdeka.com — Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi membuka posko angkutan Lebaran di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (24/4). Dia meminta seluruh stake holder bandara memastikan mudik berlangsung aman dan sehat.
"Jumlah penumpang meningkat signifikan menandakan dua hal, satu telah berkurangnya yang terpapar Covid -19 dan menandai kebangkitan ekonomi di tanah air. Oleh karenanya, Bapak Presiden berpesan agar melaksanakan mudik tahun 2022 dengan aman dan sehat, taglinenya mudik aman dan mudik sehat," tegas Budi Karya Sumadi di posko mudik Lebaran, Terminal 1 Bandara Soekarno -Hatta, Minggu (24/4).
Berdasarkan riset yang telah dilakukan Kemenhub, 85 juta warga Indonesia akan mudik pada Lebaran tahun ini. "Tentu di satu sisi animo mudik akan tinggi sekali, di lain sisi keharusan bagi kita melayani dengan baik. Dengan aman, dengan nyaman" ucap dia.
Petugas Harus Jeli tapi Sopan
Guna memastikan sisi keamanan mudik Lebaran melalui jalur udara, Kemenhub juga meminta operator di Bandara dan maskapai untuk mempersiapkan kelaikan pesawat terbang.
BACA JUGA: #12 Kapal Siap Layani Pemudik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang #Menakar Efektivitas Vaksinasi Sebelum Mudik Cegah Lonjakan Covid-19 Setelah Lebaran
"Untuk aman harus mematikan safety terjaga dengan baik, mulai dari persiapan pesawat-pesawat suatu keharusan bagi operator menyiapkan dengan sebaik-baiknya. Dengan melakukan ramp check dan cek ricek pesawat," jelas Menhub.
Menurut Menhub, meski jumlah pemudik yang akan bergerak di sektor udara tidak sebanyak di darat. Akan tetapi perjalanan melalui udara memiliki space wing satu tingkat keselamatan yang tinggi.
"Teman-teman Avsec dibantu TNI, Polri harus jeli tapi harus juga memperlakukan penumpang dengan sopan, dengan gestur bersahabat sekalipun dibutuhkan ketegasan untuk melakukan itu," kata Budi Karya.
Reporter : Kirom Sumber : merdekacom
[gmc/mdk/yan]

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis