Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Berapa Banyak Air Minum yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa dan Sahur?

Kamis, 07/04/2022 | 14:33 WIB | NEWS
Reporter: Tim Getar Merdeka | Red IT: Firman Wage Prasetyo
Ilustrasi air putih dan kurma Foto: dok.shutterstock Getty Images ©2022 GetarMerdeka.com
GetarMerdeka.com — Di bulan Ramadhan ini kamu bisa saja kehilangan asupan air minum lantaran harus menahan haus dan lapar selama puasa. Sehingga bukan tak mungkin kamu akan mengalami dehidrasi. Sebab, seperti yang kamu ketahui, 70 persen tubuh manusia terdiri dari cairan. Maka, memang untuk kita selalu memenuhi asupan cairan dalam tubuh.
Lalu, bagaimana cara memenuhi kebutuhan air minum selama menjalankan ibadah puasa?
com-Ilustrasi Minum Air Saat Sahur Foto: Shutterstock
Tak perlu khawatir, sejatinya kamu tetap bisa memenuhi konsumsi air minum 8 gelas per hari meski sedang puasa. Caranya kamu bisa perbanyak minum air putih saat berbuka atau sahur.
"Minumlah air putih dengan rumus 2-4-2. Yakni 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas ketika sahur," saran dr Maria Charlotte BMedSci.
Kepada kumparanFOOD, meskipun begitu, perempuan yang akrab disapa dr Cherry itu tidak melarang bila ingin meminum air putih lebih dari 8 gelas tersebut. Ia mencontohkan dirinya pun kerap minum air putih lebih dari 2 gelas saat sahur. Tapi setidaknya, usahakanlah untuk minum minimal 2 gelas saat berbuka puasa dan sahur.
Terlebih faktanya, selain minum air putih dengan takaran tepat dapat membantu kamu terhindar dari dehidrasi dan juga kulit yang kering. Cukup minum air putih juga menjaga kesehatan pencernaan dan ginjal selama puasa.
Walaupun mungkin terkadang, kamu sering secara tiba-tiba merasa intensitas buang air kecil menjadi meningkat. dr Cherry juga turut menjelaskan mengenai hal tersebut, bahwa hal itu tidaklah berbahaya dan memang karena efek terlalu banyak minum air saja, selama tidak mengganggu saluran kemih.
Menambahkan, Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI, FINASIM, yang mengatakan minum air membantu tubuh untuk melarutkan vitamin, serta membantu proses pencernaan. Setidaknya, minum cukup air putih bisa menjaga kamu terhindar dari rasa haus berlebih selama puasa.
Sumber: kumparancom
Penulis: Ade Naura Intania
[gmc/ade/desk/tim]
TAGS: #Kuliner #Minum Air Putih #Air Minum #Puasa #Air putih #Berbuka puasa #Sahur

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis