Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Ada OSS, Sri Mulyani: Urus Izin Usaha Tak Perlu Keluar Rumah

Senin, 09/08/2021 | 13:34 WIB
Reporter: Anisa Indraini Red IT: Firman Wage Prasetyo
Sri Mulyani. Getty Images ©2021 GetarMerdeka.com (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta, GetarMerdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan para pengusaha akan semakin mudah mengurus izin usaha dengan adanya sistem perizinan online terpadu atau Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko. Bahkan semuanya bisa dilakukan tanpa perlu ke luar rumah.
"Kita melihat (OSS) ini sebagai suatu perubahan atau reformasi struktural yang luar biasa karena sekarang pengusaha tidak harus ke luar rumah, bisa langsung di tempat usahanya mendapatkan izin, tidak ada ongkos dan tidak ada peraturan yang memberatinya," katanya dalam peluncuran sistem OSS Berbasis Risiko, Senin (9/8/2021).
Selain itu, sistem OSS ini juga akan memberikan kemudahan bagi pelaku usaha UMKM. Sebab, yang masuk dalam kategori UMKM tidak perlu membayar dan tanpa syarat untuk mendapatkan izin.
"Jadi kalau usahanya usaha kecil menengah dan risiko rendah, otomatis langsung keluar izin tanpa ada persyaratan apapun," tuturnya.
       Baca juga:Jokowi Luncurkan OSS, Urus Izin Usaha Nggak Sampai 10 Menit!
Sementara itu, untuk usaha yang lebih besar dan membutuhkan suatu izin seperti lingkungan, maka harus memenuhi persyaratan. Meski begitu, hal itu dinilai tak perlu dikhawatirkan karena bisa diajukan melalui OSS.
"Dengan adanya OSS kita lihat bagaimana masyarakat dan dunia usaha bisa melakukan izin dan kemudahan berusaha secara online dan betul-betul bisa merasakan bahwa seluruh kemudahan usaha betul-betul terjadi," tegasnya.
Sri Mulyani berharap adanya OSS dapat mendorong kegiatan investasi sehingga pemulihan ekonomi dapat berjalan lebih kuat. Dengan begitu juga lapangan pekerjaan dapat tercipta dan masyarakat akan sejahtera.
"Dengan adanya investasi yang tinggi kita ingin pemulihan ekonomi sesudah terkena COVID ini bisa berjalan sangat sehat dan kuat terutama didorong oleh kegiatan investasi," tandasnya.
[gmc/dtc/aid/zlf]
Sumber: detikcom

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis