Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Pilbup Sumbawa: Kucurkan Program 10 Milyar, Haji Mo Sudah Berbuat untuk Kecamatan Utan

Rabu, 25/09/2024 | 21:51 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
Foto: Haji MO saat berkampanye di Kec Utan, Rabu (25/9/2024) dikawal ratusan pendukung partai Gelora (Am06/Desk.php) Getty Images © 2024 GetarMerdeka.com
Sumbawa Besar, GetarMerdeka.com — Setelah kampanye dialogis dua titik di Kecamatan Rhee, Calon Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah melanjutkan pertemuan pada 9 titik di wilayah Kecamatan Utan, Rabu (25 September 2024).
Seperti di Kecamatan Rhee, Calon Bupati yang akrab disapa Haji Mo ini menyampaikan sejumlah program pembangunan yang telah dilaksanakan di Kecamatan Utan selama menjabat sebagai Bupati Sumbawa.
Dalam kesempatan itu, Haji Mo, menjelaskan bahwa pembangunan di Kecamatan Utan menjadi prioritas pemerintahannya dan akan berlanjut ketika Ia kembali terpilih menjadi Bupati Sumbawa. Diakuinya, sudah banyak program pembangunan yang digelontorkan di Utan. Tercatat alokasi anggaran di Kecamatan Utan yang dikucurkan belum lama ini mencapai Rp 10 Milyar.
"Dana yang dialokasikan untuk program di berbagai bidang ini di antaranya pembangunan jalan produksi peternakan Desa Sabedo, pembangunan olahan pakan Silase, dan bantuan kambing bibit Desa Jorok dan Desa Stowe Brang. Bantuan Sapi Bali Betina di empat desa yaitu Desa Pukat, Desa Orong Bawa, Desa Stowe Brang dan Desa Tengah.
Selanjutnya pembangunan tangki septik individu perdesaan minimal 50 KK tersebar di beberapa desa yaitu Desa Tengah 76 unit, Desa Labuan Bajo 75 unit, Desa Pukat 60 unit, dan Desa Jorok 60 unit. Berikutnya, uprating instalasi pengolahan air/penambahan sumur dalam terlindungi (SR 90 unit, 2 liter/detik, pompa 1 unit, jaringan perpipaan 946 meter, reservoir 24 meter kubik) di Desa Motong. Pembangunan tanggul sungai Desa Bale Brang. Pembangunan jaringan irigasiDesa Bale Brang, dan normalisasi saluran sungai Desa Sabedo.
ist.php
Kemudian memberikan bantuan rehabilitasi 5 unit rumah tidak layak huni di Desa Tengah, 10 unit di Desa Motong, dan 7 unit di Desa Jorok. Selanjutnya, rehabilitasi bangunan pelengkap irigasi Desa Jorok, Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Desa Montong, pembangunan sumur bor Desa Pukat dan Desa Tarusa.
Haji Mo menyebutkan telah memberikan bantuan 10 paket mesin ketinting 6,5 PK dan 2 paket coolbox 200 liter di Desa Labuan Bajo, pengadaan kapal penangkap ikan 5GT dan pengadaan gillnet monofilament di Desa Pukat sebanyak 10 unit. Pengadaan mesin ketinting RX 220 di Desa Pukat.
Selain itu, Haji Mo juga menyinggung programnya dalam pembangunan infrastruktur di bidang pendidikan khususnya di Kecamatan Utan. Yakni pembangunan Ruang Guru dan Kepala Sekolah beserta perabotnya di TK Negeri 1 Utan. Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) beserta perabotnya. Pengadaan Alat Permainan Edukatif (APE).
"Rehabilitasi ruang kelas dengan tingkat kerusakan minimal sedang beserta perabotnya di SD Negeri Labuhan Bajo sebanyak 7 ruangan. Rehabilitasi toilet (jamban) dengan tingkat kerusakan minimal sedang beserta sanitasinya.
ist.php
Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) beserta perabotnya sebanyak 2 unit. Pembangunan ruang UKS dan ruang perpustakaan beserta perabotnya. Pembangunan ruang guru beserta perabotnya, pembangunan ruang laboratorium komputer beserta perabotnya. Dan pengadaan peralatan Teknologi, Informatika dan Komunikasi (TIK).
Masih di Kecamatan Utan, Haji Mo memberikan bantuan alat perbengkelan untuk Kelompok Bengkel Las Seniman Api dan bantuan dua paket Peralatan Prasmanan untuk Kelompok Prasmanan Senap dan KUBe Srikandi di Desa Motong. Bantuan alat pertukangan untuk Kelompok Mengas Stowe Brang. Bantuan Peralatan Catering untuk Kelompok Smeras Tengah. Bantuan peralatan prasmanan untuk Kelompok KUBe Srikandi Desa Orong Bawa.
“Semua total bantuan yang kami berikan di Kecamatan Utan sebesar Rp 10.520.649.500,” pungkasnya.
Tokoh Masyarakat Utan, Zainuddin mengucapkan syukur atas perhatian Haji Mo selama menjadi Bupati terhadap Kecamatan Utan. Sudah banyak bantuan atau program yang digelontorkan untuk kepentingan warga setempat. Ia berharap ketika terpilih nanti, program pembangunan terus dikucurkan dan ditingkatkan jumlahnya.
“Ikan Hiu Ikan Paus, I Love You Mo—BJS,” timpal Ibu Nur—warga Dusun Penyengar Desa Tengah memberi pantun ketika menyambut keehadiran Haji Mo di titik terakhir blusukan di Kecamatan Utan.(Am06/Desk*)
[gmc/dim/ro1/adv]
SHARE

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis